Rabu, 19 Oktober 2011

DIBALIK KESULITAN PASTI ADA KEMUDAHAN

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

Allah SWT dalam Surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 telah berfirman yang terjemahan bebasnya adalah: " Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan "

Kalimat tersebut diulang dua kali dalam satu surat bukan secara kebetulan, namun pastilah Allah SWT memberi ketegasan kepada kita bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

Atas dasar firman Allah SWT itulah maka setiap kita mengalami kesulitan wajib kita terima dengan ikhlas karena pasti ada rencana besar Allah SWT terhadap kita.

Bagaimana kita menyikapi setiap kesulitan dalam hidup kita ?

Ada dua hal yang wajib kita sikapi dalam menghadapi kesulitan ini yakni :
1. Ikhlas menerima kenyataan.
2. Sabar dalam menghadapi dan mengatasi kesulitan.

Ikhlas ketika kita menerima kesulitan akan membawa kita tetap berada di jalan yang diridhoi Allah SWT, sebab jika kita tidak ikhlas maka kita akan cenderung menyalahkan orang lain bahkan mungkin dapat menyeret kita untuk menyalahkan nasib yang pada akhirnya kita akan semakin jauh dengan Allah SWT, Naudzubillahimindaliq. Justru dengan keikhlasan tersebut dapat mendekatkan diri kita kepada Sang Penentu Nasib kita.

Sabar artinya menahan jiwa agar tidak putus asa dalam menerima kesulitan, menahan lisan agar tidak mengeluh dan marah, menahan anggota badan agar tidak melakukan hal2 yg merugikan diri sendiri atau orang lain.Kesulitan adalah kenikmatan yang tertunda bagi orang-orang yang bersabar sebab setelah kesulitan pastilah akan datang kemudahan sebagaimana janji Allah SWT. Oleh karena itu kita wajib bersabar. Dengan bersabar kita akan digandakan pahalanya, seperti sabda Rasulullah SAW yg artinya :
" Orang mukmin yang berinteraksi dengan orang lain dan ia berssabar atas kejahatan mereka, lebih besar pahalanya daripada orang mukmin yang tidak berinteraksi dengan orang lain dan tidak bersabar atas kejahatan mereka "

Hikmah lain dari orang yg sabar dalam menghadapi kesulitan pastilah akan menerima kebahagiaan / rezeqi baik di dunia maupun di akhirat. sebagaimana Sabda Rasulullah :
" Tidak ada rezeki yang paling baik dan luas untuk hamba selain rezeki berupa kesabaran "

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai orang yang ikhlas dan sabar dalam mengahadapi kesulitan hidup ini. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CUCI GUDANG AKHIR TAHUN 2011


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com