Kamis, 04 Agustus 2011

MAKNA MUHASABAH DALAM MENINGKATKAN KEIMANAN

Pernahkah kita nonton film? Nah kita dapat menyaksikan adegan dari awal sampai akhir dan dapat kita putar putar ulang, sehingga kita tahu ada kebaikan dan ada juga keburukan dalam adegan film tersebut.
Nah sekarang cobalah anda putar ulang dan lihatlah apa yang anda ingat sejak anda lahir sampai sekarang. Tentu saja sepanjang hal-hal yang pernah anda lakukan dan yang dapat anda ingat yang akan muncul.
Cobalah putar ulang "film kehidupan anda " tersebut. Jangan hanya sekali tapi setiap saat ada waktu luang.
Nah dalam sebuah film ada proses editing, dubbing bahkan ada istilah sensor, sehingga jadilah sebuah film yang "baik" baik dalam arti dapat dinikmati oleh pemirsa.
Sama halnya dengan " film kehidupan kita". setelah kita putar ternyata ada "adegan" yang kita ingat dan kita nilai tidak baik, maka harus kita edit, jika perlu kita sensor dan kita perbaiki lagi sehingga menjadi"enak dinikmati.
Nah kurang lebih itulah ilustrasi yang namanya MUSAHABAH.
Musahabah merupakan proses instropeksi diri terhadat perbuatan diri sendiri dari dahulu sampai sekarang , kemudian memperbaikinya untuk masa sekarang dan yang akan datang.Dengan demikian maka perbiatan dan akhlak kita
setiap hari selalu mengalami perbaikan, perbaikan dan semakin baik.
Melalui Puasa Ramadhan inilah saat yang paling tepat untuk Musahabah, sehingga setelah Ramadhan akhlak kita mengalami peningkatan, peningkatan keimanan, peningkatan ibadah , peningkatan amal perbuatan kita dalam kehidupan sehari hari menuju ridlo Allah SWT semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CUCI GUDANG AKHIR TAHUN 2011


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com