Kamis, 28 Juli 2011

SEKOLAH MURAH DAN SEKOLAH GRATIS

Judul tersebut bukan sebuah iklan sabun di televisi baik iklan sabun dari perusahaan swasta maupun iklan kecap dari pejabat, judul tersebut adalah riil, nyata adanya. Ya sekolah murah untuk setara SMA dan Sekolah Gratis, tis tis tis..setara SMP. Semua da di Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) Pemalang yang ada di Jalan Raya Sidorejo Comal Pemalang.


SEKOLAH MURAH

Sekolah ini diselenggarakan untuk menampung lulusan SMP yang "tidak mampu" melanjutkan sekolah di SMA/SMK Reguler. SKB Pemalang menampungnya dalam Program PAKET C / SMA.


Kategori "tidak mampu" tidak dapat distandarkan dengan tolok ukur materi semata, sebab kenyataan menunjukkan banyak siswa Paket C membawa motor sendiri untuk ke sekolah. Pakaian mereka lengkap tidak ada bedanya dengan sekolah reguler, bahkan untuk tahun pelajaran 2011-2012 Sekolah Paket C ini dibanjiri peminat. Namun karena keterbatasan Tempat dan Tenaga Pengajar, hanya dapat diterima lebih dari 160 siswa / 4 kelas.

Dari hasil audiensi dengan beberapa "wali murid" yang datang mendampingi putranya saat pendaftaran mayoritas mengatakan bahwa alasan utama sekolah di Paket C karena biayanya murah, tidak pakai uang gedung, tidak pakai membeli pakaian, tidak pakai bayar itu dan ini seperti di sekolah lain. Ini Fakta dan Nyata.

Pertanyaannya adalah Apakah di sekolah lain ada pembayaran itu ini ? Jawabnya hanya pada rumput yang bergoyang.

Kembali ke Paket C, bahwa sekolah ini sudah berdiri sejak diluncurkannya program kesetaraan SMA. namun oleh penyelenggara sistem belajar mengajajarnya disesuaikan dengan sekolah reguler, antara lain :
- masuk setiap hari
- setiap hari 5 sampai 6 jam pelajaran @ 45 menit.
- menggunakan kurikulum standar sekolah reguler
- menggunakan seragam seperti sekolah reguler
- menggunakan tenaga pengajar standar seperti sekolah reguler
- mengikuti kegiatan SMA jika diperlukan.
Kelebihan lainnya bahwa SEKOLAH PAKET C ini semua siswa diberi kesempatan untuk memilih keterampilan lif skill sesuai dengan keinginannya. Keterampilan tersebut meliputi Perbengkelan/Ottomotif, Tata Busana, Tata Boga, Kursus Kecantikan.Fasilitas untuk menunjang kegiatan tersebut telah disiapkan oleh penyelenggara dan diikutsertakan dalam progaram kegiatan lembaga (SKB).

Keterampilan lainnya dapat diperoleh dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki lembaga antara lain Laboratorium Komputer lengkap, Laboratorium Bahasa lengkap, Laboratorium Perbengkelan lengkap dan ruang praktikum serta fasilitas olahraga yang tersedia.

Disebut sekolah murah karena setiap siswa hanya mebayar Sumbangan Operasional Pendidikan Rp 35.000 ( tigapuluh lima ribu rupiah ) setiap bulannya.

SEKOLAH GRATIS

Sasaran program ini adalah lulusan siswa sd yang tidak mampu melanjutkan di SMP Reguler. Tidak mampu dalam arti untuk membayar uang gedung, daftar ulang, membayar pakaian serta mebyar ini itu.


Dikatakan sekolah gratis, karena dari pendaftaran siswa baru sampai dengan penerimaan ijazah/kelulusan siswa TIDAK AKAN PERNAH DIPUNGUT BIAYA apapun. Sehingga jika mengatakan SEKOLAH GRATIS, memang nyata dan faktual, tidak seperti iklan sabun maupun kecap di televisi. Jadi orang tua yang benar2 tidak memiliki biaya untuk menyekolahkan putra putrinya di SMP tidak repot-repot " menggerutu" dengan iklam pak menteri, cukup datang saja di SKB Pemalang.

Namun karena keterbatasan Ruang dan Tenaga Pengajar maka tahun pelajaran ini hanya menampung sekitar 40 siswa dari pemdaftar yang tidak kurang dari 80 siswa.


Seperti Sekolah PAKET C, Sekolah PAKET B inipun berusaha menyesuaikan diri dengan sekolah reguler, baik dari kbm, jam pelajaran, pakaian, tenaga pengajar, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

JUMLAH SISWA PAKET B DAB PAKET C

PAKET B : Kelas 7 = 30 siswa , Kelas 8 = 44 siswa Kelas 9 = 25 siswa
Jumlah keseluruhan siswa = 110 siswa terbagi 3 Kelas.

PAKET C : Kelas 10= 170 siswa, Kelas 11= 124 siwa Kelas 12= 84 siswa
Jumlah keseluruhan siswa 378 siswa terbagi menjadi 9 Kelas.

1 komentar:

CUCI GUDANG AKHIR TAHUN 2011


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com